Bagi seorang Guru dalam belajar mengajar hal yang terpenting adalah proses, karena proses inilah yang menentukan tujuan belajar akan tercapai atau tidak tercapai. Ketercapaian dalam proses belajar mengajar ditandai dengan adanya perubahan tingkah laku. Perubahan tingkah laku tersebut baik yang menyangkut perubahan bersifat pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) maupun yang menyangkut nilai dan sikap (afektif).
Dalam proses belajar mengajar ada banyak faktor yang mempengaruhi tercapainaya tujuan pembelajaran diantaranya pendidik, peserta didik, lingkungan, metode/teknik serta media pembelajaran. Pada kenyataannnya, apa yang terjadi dalam pembelajaran seringkali terjadi proses pengajaran berjalan dan berlangsung tidak efektif. Banyak waktu, tenaga dan biaya yang terbuang sia-sia sedangkan tujuan belajar tidak dapat tercapai bahkan terjadi noises dalam komunikasi antara pengajar dan pelajar. Hal tersebut diatas masih sering dijumpai pada proses pembelajaran selama ini.
Dengan adanya media pembelajaran maka tradisi lisan dan tulisan dalam proses pembelajaran dapat diperkaya dengan berbagai media pembelajaran. Dengan tersedianya media pembelajaran, guru pendidik dapat menciptakan berbagai situasi kelas, menentukan metode pengajaran yang akan dipakai dalam situasi yang berlainan dan menciptakan iklim yang emosional yang sehat diantara peserta didik. Bahkan alat/media pembelajaran ini selanjutnya dapat membantu guru membawa dunia luar ke dalam kelas. Dengan demikian ide yang abstrak dan asing (remote) sifatnya menjadi konkrit dan mudah dimengerti oleh peserta didik. Bila alat/media pembelajaran ini dapat di fungsikan secara tepat dan proforsional, maka proses pembelajaran akan dapat berjalan efektif.
Dalam pembelajaran, alat atau media pendidikan jelas diperlukan. Sebab alat/ media pembelajaran ini memiliki peranan yang besar dan berpengaruh terhadap pencapaian tujuan pendidikan yang diinginkan.
Kegunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar diantaranya;
Kegunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar diantaranya;
1. Media Pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan supaya tidak terlalu verbalitas (dalam bentuk kata-kata tertulis atau hanya kata lisan)
2. Media pembelajaran dapat mengatasi keterbatasan ruang, waktu dan daya indera, misalnya;
* Objek yang terlalu besar – bisa digantikan dengan realita, gambar, film bingkai, film, atau model.
* Objek yang kecil – dibantu dengan proyektor mikro, film bingkai, film, atau gambar.
* Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat, dapat dibantu dengan timelapse/high-speed photography.
* Kejadian atau peristiwa yang terjadi dimasa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film, atau foto.
* Objek yang terlalu kompleks,dapat disajikan dengan model,diagram/melalui program komputer animasi.
* konsep yang terlalu luas (gempa bumi, gunung beapi, iklim, planet dan lain-lain) dapat divisualisasikan dalam bentuk film, gambar dan lain-lain.
3. Dengan menggunakan media pembelajaran secara tepat dan bervariasi dapat diatasi sikap pasif anak didik. Dalam hal ini media pembelajaran berguna untuk;
* Menimbulkan motivasi belajar
* Memungkinkan interaksi langsung antara anak didik dengan lingkungan secara seperti senyatanya.
* Memungkinkan peserta didik belajar mandiri sesuai dengan kemampuan dan minatnya.
4. Dengan latar belakang dan pengalaman yang berbeda diantara peserta didik, sementara kurikulum dan materi pelajaran di tentukan sama untuk semua peserta didik.hal ini dapat diatasi dengan media pendidikan yaitu;
* Memberikan perangsang yang sama
* Mempersamakan pengalaman
* Menimbulkan persepsi yang sama
Dengan memperhatikan uraian ditas maka disini kami mencoba berbagi bagi kawan rekan guru yang ingin menggunakan media pembelajaran lewat power point bisa mendowload materi-materi tersebut pada link dibawah ini :
MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA
Dapat di donwload di link dibawah ini
Dapat di donwload di link dibawah ini
1. Kelas IV
* Media Pembelajaran Bahasa Arab Part 1 , Part 2 , dan Part 3
2. Kelas V
* Media Pembelajaran Al-Qur'an Hadits
* Media Pembelajaran Aqidah Akhlak.
* Media Pembelajaran Fiqih
* Media Pembelajaran SKI
* Media Pembelajaran Bahasa Arab
3. Kelas VI
* Media Pembelajaran Al-Qur'an Hadits
* Media Pembelajaran Aqidah Akhlak.
* Media Pembelajaran Fiqih
* Media Pembelajaran SKI
* Media Pembelajaran Bahasa Arab
2. Kelas V
* Media Pembelajaran Al-Qur'an Hadits
* Media Pembelajaran Aqidah Akhlak.
* Media Pembelajaran Fiqih
* Media Pembelajaran SKI
* Media Pembelajaran Bahasa Arab
3. Kelas VI
* Media Pembelajaran Al-Qur'an Hadits
* Media Pembelajaran Aqidah Akhlak.
* Media Pembelajaran Fiqih
* Media Pembelajaran SKI
* Media Pembelajaran Bahasa Arab
0 Post a Comment:
Post a Comment